BAB I
TEORI
1.1
Flowchart
Flowchart atau Bagan alir
adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di
dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart)
digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
a.
Jenis jenis Flowchart
Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:
- Bagan alir sistem (systems flowchart).
- Bagan alir dokumen (document flowchart).
- Bagan alir skematik (schematic flowchart).
- Bagan alir program (program flowchart).
- Bagan alir proses (process flowchart).
b.
System Flowchart
System flowchart dapat didefinisikan
sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.
Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam
sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
c.
Document Flowchart
Bagan alir dokumen (document
flowchart) atau disebut juga bagan alir formulir (form
flowchart) atau paperwork flowchart merupakan bagan alir yang
menunjukkan arus dari laporan dan formulir termasuk tembusan-tembusannya.
d.
Schematic Flowchart
Bagan alir skematik (schematic
flowchart) merupakan bagan alir yang mirip dengan bagan alir sistem, yaitu
untuk menggambarkan prosedur di dalam sistem. Perbedaannya adalah, bagan alir
skematik selain menggunakan simbol-simbol bagan alir sistem, juga menggunakan
gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya yang digunakan. Maksud penggunaan
gambar-gambar ini adalah untuk memudahkan komunikasi kepada orang yang kurang
paham dengan simbol-simbol bagan alir.
Penggunaan gambar gambar
ini memudahkan untuk dipahami, tetapi sulit dan lama menggambarnya.
e.
Program Flowchart
Bagan alir program (program
flowchart) merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci
langkah-langkah dari proses program. Bagan alir program dibuat dari derivikasi
bagan alir sistem.
Bagan alir program dapat terdiri
dari dua macam, yaitu bagan alir logika program (program logic
flowchart) dan bagan alir program komputer terinci (detailed
computer program flowchart). Bagan alir logika program digunakan
untuk menggambarkan tiap-tiap langkah di dalam program komputer secara logika. Bagan
alat- logika program ini dipersiapkan oleh analis sistem. Gambar berikut
menunjukkan bagan alir logika program. Bagan alir program komputer
terinci (detailed computer program flow-chart) digunakan untuk
menggambarkan instruksi-instruksi program komputer secara terinci. Bagan alir
ini dipersiapkan oleh pemrogram.
f.
Pedoman Membuat Flowchart
Bila seorang analis dan programmer akan membuat
flowchart, ada beberapa petunjuk yang harus diperhatikan, seperti:
- Flowchart digambarkan dari halaman atas ke bawah
dan dari kiri kekanan.
- Aktivitas yang digambarkan harus didefinisikan
secara hati-hati dan definisi ini harus dapat dimengerti oleh pembacanya.
- Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus
ditentukan secara jelas.
- Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan
dengan menggunakan deskripsi kata kerja
- Setiap langkah dari aktivitas harus berada pada
urutan yang benar.
- Lingkup dan range dari aktifitas yang sedang
digambarkan harusditelusuri dengan hati-hati. Percabangan-percabangan yang
memotong aktivitas yang sedang digambarkan tidak perlu digambarkan pada
flowchart yang sama. Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya
diletakan pada halaman yang terpisah atau hilangkan seluruhnya bila
percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
- Gunakan simbol-simbol flowchart yang standar.
Flowchart
adalah serangkaian bagan-bagan yang menggambarkan alir program.Flowchart atau
diagram alir memiliki bagan-bagan yang melambangkan fungsitertentu. Bagan, nama
dan fungsinya seperti yang disajikan pada tabel berikut :
Untuk
mengkaji dan memahami dimana lokasi masalah yang sesungguhnya, tim pemecahan
masalah dapat memanfaatkan diagram alur (flow chart). Diagram alur harus
terkait dngan masalah yang menjadi prioritas yang sudah ditetapkan oleh tim
dimana sesungguhnya masalah itu terjadi.
Pembuatan
diagram alur dapat menggunakan simbol-simbol yang sudah berlaku umum dan yang
sangat sering digunakan.
Dalam pemecahan masalah mutu
pelayanan, terdapat berbagai simbol yang biasa digunakan. Perlu dicermati bahwa
diagram alur ini menggambarkan kegiatan di mana masalah terjadi . berikut ini
dikemukakan contoh diagram alur pelayanan, yaitu diagram alur kegiatan pada
pelayanan dalam gedung.
1.2
Brainstorming
Brainstorming adalah
sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ide dari setiap anggota tim
yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Kesuksesan Brainstorming dapat
dilihat dari suasana bebas tanpa kritik untuk menggali ide kreatif atau solusi
alternatif tanpa batas.
Brainstorming mulai
dkenalkan pada tahun 1950-an dan menjadi tidak dipisahkan dari TQM (Total
Quality Management), namun tak hanya disitu penerapannya, Brainstorming
dapat digunakan di segala bidang.
Brainstorming dapat
memberi inspirasi, memperluas wawasan, merupakan pembelajaran dalam mengambil
keputusan, selain itu menciptakan kesetaraan dan melibatkan seluruh anggota
tim. namun saat ini Brainstorming juga dapat dilakukan tanpa harus
berkumpul dalam satu ruangan, namun juga dapat dilakukan di dunia maya atau
telekonferensi dengan jarak ribuan meter.
1.
Empat peraturan dasar
a.
Suspend Judgment, semua
anggota tim harus menahan diri, tidak menghakimi ide, pendapat dan gagasan yang
diajukan oleh anggota lain
- Record all Ideas, ada
seseorang yang dapat menjadi notulen, mencatat semua ide, pendapat ataupun
gagasan yang diajukan, walaupun ide tersebut terdengar aneh
- Encourage "Piggy-backing" ideas,
koordinator atau fasilitator mendorong untuk membangun ide, pendapat atau
gagasan baru atau tambahan dari ide yang sudah pernah dijalankan
- Think out of the box, yakni
mendorong untuk mengeluarkan pemikiran yang baru, tidak pengulanggan dari
ide atau pendapat yang sudah ada.
2.
Teknik dan Tahapan
Brainstorming
Berikut ini adalah teknik dan tahapan
untuk melakukan brainstorming.
1.
Pastikan semua anggota yang ikut Brainstorming
diberi tahu terlebih dahulu dengan jelas tujuan dari brainstorming
tersebut, sehingga semua orang yang hadir bisa mempersiapkan diri
- Pastikan bahwa anggota yang ikut dalam brainstorming
mengerti ruang lingkup permasalahannya
- Suasana harus santai dan nyaman, agar semua orang
dapat mengungkapkan ide atau gagasan mereka dengan lebih terbuka
- Setiap orang yang ikut harus berpikiran positif,
walaupun masalah yang dihadapinya berat.
- Setiap orang harus tau peraturan dasar dari
brainstorming (memberi sesi waktu antara 15-30 menit) dan dapat
mengendalikan diri masing-masing
- Permasalahan harus diurai dengan jelas dan
bersama-sama, agar semua anggota mengerti dan berpikir atas dasar itu
bukan yang lain
- Setiap ide atau gagasan yang diajukan (baik
spontan ataupun bergantian) harus cukup jelas latar belakangnya dan
rasionalnya dalam konteks ini ada benang merah antara permasalahan dan ide
yang diajukan.
- Mencatat semua ide bisa di papan tulis/sticky
notes yang dapat dilihat dengan jelas oleh seluruh tim.
- Setelah selesai semua anggota tim mengeluarkan
ide, gagasan dan pendapat. Seluruh tim me-review semua ide dan
memastikan semua peserta memahami apa yang dimaksud dan mengevaluasi
seluruh daftar, menghilangkan duplikasi dan mengkombinasi yang sejenis.
Brainstorming
akan berhasil apabila semua orang dapat mengali ide kreatif dalam suasana
bebas, tanpa kritik dan mau mendengarkan pendapat yang berbeda dari perspektif
kita.
1.3
Diagram
Sebab Akibat/Tulang Ikan / Fishbone / Ishikawa
Untuk mencari akar-akar penyebab masalah
dari masalah yang sudah ditetapkan dan lokasi masalah yang sudah diketahui,
dapat digunakan teknik curah pendapat dan diagram tulang ikan atau diagram sebab akibat yang disebut juga
dengan diagram Ishikawa.
Kaoru Ishikawa
ilmuwan yang banyak menyumbangkan pemikiran di bidang manajemen kualitas ini
lahir pada tahun 1915 di Tokyo, Jepang. Alumni teknik kimia Universitas Tokyo
ini ingin merubah konsep pemikiran manusia tentang bekerja. Ishikawa
mengurai secara rinci prinsip plan-do-check-act W.Edward Deming,
sang kreator P-D-C-A
Diagram tulang ikan adalah satu alat dalam menganalisa
mutu dengan tujuan untukmengetahui secara menyeluruh hubungan antara kecacatan
denganpenyebabnya.Kepala ikan adalah akibat Effect dan satu panah tebal diagram
menujuEffect.
Terdapat 7
faktor pokok yang tidak berkaitan yaitu 7M :
a
Material (bahan mentah atau
komponen)
b
Manpower (faktor manusia)
c
Method (desain dan proses prosedur
operasi)
d
Machines (mesin dan perlengkapan
dalam proses)
e
Measurement (peralatan dan teknik
yang dipakai untuk mengambil data)
f
Maintenance (sistem penyediaan
perawatan)
g
Management (kebijakan, aturan kerja,
dan lingkungan kerja)
Diagram ini dapat dipakai untuk menganalisa hampir
semuapermasalahan.
Metode tersebut awalnya lebih banyak digunakan untuk manajemen kualitas.
Yang menggunakan data verbal (non-numerical) atau data kualitatif. Dr.
Ishikawa juga ditengarai sebagai orang pertama yang memperkenalkan 7 alat atau
metode pengendalian kualitas (7 tools). Yakni fishbone diagram,
control chart, run chart, histogram, scatter diagram,
pareto chart, dan flowchart.
Diagram
tulang ikan ini memang berbentuk mirip dengan tulang ikan yang moncong
kepalanya menghadap ke kanan. Diagram ini akan menunjukkan sebuah dampak atau
akibat dari sebuah permasalahan, dengan berbagai penyebabnya. Efek atau akibat
dituliskan sebagai moncong kepala. Sedangkan tulang ikan diisi oleh sebab-sebab
sesuai dengan pendekatan permasalahannya. Umumnya penggunaan fishbone untuk
design produk dan mencegah kualitas produk yang jelek (defect). Mengenai
pemilahan sebab-sebab, berikut adalah beberapa pendekatannya.
The 4 M’s (digunakan untuk
perusahaan manufaktur) :
a.
Machine (Equipment),
- Method
(Process/Inspection)
- Material
(Raw,Consumables etc.)
- Man
power.
The 8 P’s (digunakan pada industri
jasa) :
a.
People
- Process
- Policies
- Procedures
- Price
- Promotion
- Place/Plant
- Product
The 4 S’s (digunakan pada industri
jasa) :
a. Surroundings
- Suppliers
- Systems
- Skills
4 P (pendekatan manajemen pemasaran)
:
- Price
- Product
- Place
- Promotion
Contoh
sederhana pemilahan sebab dengan pendekatan tertentu adalah pada gambar di samping.
Langkah-langkah untuk belajar dan
menerapkan diagram tulang ikan adalah :
- Fokuskan pada satu hal akibat yang diamati, di
ruang lingkup yang lebih kecil dahulu. Kemudian hal yang besar jika sudah
terlatih.
- Sebab lebih dari satu. Sehingga jangan berhenti
untuk bertanya mengapa? Penentuan sebab-sebab juga bisa denganbranstorming.
- Buatlah usulan perbaikan jangka pendek dan jangka
panjang dari sebab-sebab permasalahan.
- Kerja tim dan dukungan kepemimpinan adalah hal
penting.
- Teruslah berlatih.
Manfaat
Diagram Fishbone (Tulang Ikan)/ Cause and Effect (Sebab dan Akibat)/ Ishikawa
Fungsi dasar diagram Fishbone (Tulang Ikan)/
Cause and Effect (Sebab dan Akibat)/ Ishikawa adalah untuk mengidentifikasi dan
mengorganisasi penyebab-penyebab yang mungkin timbul dari suatu efek spesifik
dan kemudian memisahkan akar penyebabnya . Sering dijumpai orang mengatakan
“penyebab yang mungkin” dan dalam kebanyakan kasus harus menguji apakah
penyebab untuk hipotesa adalah nyata, dan apakah memperbesar atau menguranginya
akan memberikan hasil yang diinginkan.
Dengan adanya diagram Fishbone (Tulang Ikan)/ Cause
and Effect (Sebab dan Akibat)/ Ishikawa ini sebenarnya memberi banyak sekali
keuntungan bagi dunia bisnis. Selain memecahkan masalah kualitas yang menjadi
perhatian penting perusahaan. Masalah – masalah klasik lainnya juga
terselesaikan. Masalah – masalah klasik yang ada di industri manufaktur
khusunya antara lain adalah :
a
Keterlambatan proses produksi
b
Tingkat defect (cacat) produk yang
tinggi
c
Mesin produksi yang sering mengalami
trouble
d
Output lini produksi yang tidak
stabil yang berakibat kacaunya plan produksi
e
Produktivitas yang tidak mencapai
target
f
Complain pelanggan yang terus
berulang
Pada dasarnya diagram Fishbone (Tulang Ikan)/ Cause
and Effect (Sebab dan Akibat)/ Ishikawa dapat dipergunakan untuk
kebutuhan-kebutuhan berikut :
a
Membantu mengidentifikasi akar
penyebab dari suatu masalah
b
Membantu membangkitkan ide-ide untuk
solusi suatu masalah
c
Membantu dalam penyelidikan atau pencarian
fakta lebih lanjut
d
Mengidentifikasi tindakan
(bagaimana) untuk menciptakan hasil yang diinginkan
e
Membahas issue secara lengkap dan
rapi
f
Menghasilkan pemikiran baru
Jadi ditemukannya diagram Fishbone (Tulang Ikan)/
Cause and Effect (Sebab dan Akibat)/ Ishikawa ini memberikan kemudahan dan
menjadi bagian penting bagi penyelesaian masalah yang mucul bagi perusahaan.
1.4
Pie Diagram
Grafik lingkaran (pie diagram) atau disebut juga
dengan diagram pastel umumnya digunakan untuk menggambarkan data atribut.
Secara manual caranya adalah dengan mengubah frekuensi data menjadi persen
terlebih dahulu. Persentase di ubah menjadi derajat dengan mengalikan persen
dengan 360. Akan tetapi dengan menggunakan software
misalnya SPSS, kita cukup memasukkan data untuk selanjutnya grafik dapat
disajikan dengan mengklik sesuai petunjuk.
Grafik
distribusi frekuensi sumber informasi kesehatan reproduksi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Flowchart
Flowchart atau Bagan alir
adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di
dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart)
digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Jenis jenis
Flowchart
Ada beberapa jenis flowchart diantaranya:
a
Bagan alir sistem (systems
flowchart).
b
Bagan alir dokumen (document
flowchart).
c
Bagan alir skematik (schematic
flowchart).
d
Bagan alir program (program
flowchart).
e
Bagan alir proses (process
flowchart).
System
Flowchart
System flowchart dapat didefinisikan
sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem.
Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam
sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
2.2
Brainstorming
Brainstorming adalah
sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ide dari setiap anggota tim
yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Kesuksesan Brainstorming dapat
dilihat dari suasana bebas tanpa kritik untuk menggali ide kreatif atau solusi
alternatif tanpa batas.
Brainstorming mulai
dkenalkan pada tahun 1950-an dan menjadi tidak dipisahkan dari TQM (Total
Quality Management), namun tak hanya disitu penerapannya, Brainstorming
dapat digunakan di segala bidang.
Brainstorming dapat
memberi inspirasi, memperluas wawasan, merupakan pembelajaran dalam mengambil
keputusan, selain itu menciptakan kesetaraan dan melibatkan seluruh anggota
tim. namun saat ini Brainstorming juga dapat dilakukan tanpa harus
berkumpul dalam satu ruangan, namun juga dapat dilakukan di dunia maya atau
telekonferensi dengan jarak ribuan meter.
Empat peraturan dasar
a
Suspend Judgment, semua
anggota tim harus menahan diri, tidak menghakimi ide, pendapat dan gagasan yang
diajukan oleh anggota lain
- Record all Ideas, ada
seseorang yang dapat menjadi notulen, mencatat semua ide, pendapat ataupun
gagasan yang diajukan, walaupun ide tersebut terdengar aneh
- Encourage "Piggy-backing" ideas,
koordinator atau fasilitator mendorong untuk membangun ide, pendapat atau
gagasan baru atau tambahan dari ide yang sudah pernah dijalankan
- Think out of the box, yakni
mendorong untuk mengeluarkan pemikiran yang baru, tidak pengulanggan dari
ide atau pendapat yang sudah ada.
2.3
Diagram
Sebab Akibat/Tulang Ikan / Fishbone / Ishikawa
Untuk mencari akar-akar penyebab masalah
dari masalah yang sudah ditetapkan dan lokasi masalah yang sudah diketahui,
dapat digunakan teknik curah pendapat dan diagram tulang ikan atau diagram sebab akibat yang disebut juga
dengan diagram Ishikawa.
Kaoru Ishikawa
ilmuwan yang banyak menyumbangkan pemikiran di bidang manajemen kualitas ini
lahir pada tahun 1915 di Tokyo, Jepang. Alumni teknik kimia Universitas Tokyo
ini ingin merubah konsep pemikiran manusia tentang bekerja. Ishikawa
mengurai secara rinci prinsip plan-do-check-act W.Edward Deming,
sang kreator P-D-C-A
Terdapat 7
faktor pokok yang tidak berkaitan yaitu 7M :
a
Material (bahan mentah atau
komponen)
b
Manpower (faktor manusia)
c
Method (desain dan proses prosedur
operasi)
d
Machines (mesin dan perlengkapan
dalam proses)
e
Measurement (peralatan dan teknik
yang dipakai untuk mengambil data)
f
Maintenance (sistem penyediaan
perawatan)
g
Management (kebijakan, aturan kerja,
dan lingkungan kerja)
Diagram ini dapat dipakai untuk menganalisa hampir
semua permasalahan.
1.5
Pie Diagram
Grafik lingkaran (pie diagram) atau disebut juga
dengan diagram pastel umumnya digunakan untuk menggambarkan data atribut.
Secara manual caranya adalah dengan mengubah frekuensi data menjadi persen
terlebih dahulu. Persentase di ubah menjadi derajat dengan mengalikan persen
dengan 360. Akan tetapi dengan menggunakan software misalnya SPSS, kita cukup
memasukkan data untuk selanjutnya grafik dapat disajikan dengan mengklik sesuai
petunjuk.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Flowchart atau Bagan alir
adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di
dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir (flowchart)
digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
Brainstorming adalah
sebuah alat bantu yang digunakan untuk mengeluarkan ide dari setiap anggota tim
yang dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Kesuksesan Brainstorming dapat
dilihat dari suasana bebas tanpa kritik untuk menggali ide kreatif atau solusi
alternatif tanpa batas.
Diagram tulang ikan adalah satu alat dalam menganalisa
mutu dengan tujuan untukmengetahui secara menyeluruh hubungan antara kecacatan
denganpenyebabnya.Kepala ikan adalah akibat Effect dan satu panah tebal diagram
menujuEffect.
Grafik lingkaran (pie diagram) atau disebut juga
dengan diagram pastel umumnya digunakan untuk menggambarkan data atribut.
Secara manual caranya adalah dengan mengubah frekuensi data menjadi persen
terlebih dahulu. Persentase di ubah menjadi derajat dengan mengalikan persen
dengan 360. Akan tetapi dengan menggunakan software
misalnya SPSS, kita cukup memasukkan data untuk selanjutnya grafik dapat
disajikan dengan mengklik sesuai petunjuk.
3.2 Saran
Diharapkan bagi pembaca makalah ini
terutama tenaga kesehatan untuk dapat memahami mengenai penjelasan yang ada
dalam makalah ini, sehingga dapat menyelesaikan setiap masalah yang berhubungan
dengan kesehatan teratama masalah manajemen kesehatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar